Rabu, 21 September 2016

Manfaat Buah Jambu Madu Untuk Kesehatan



Sekarang ini lagi trend atau lagi tenar-tenarnya orang menanam jambu madu selain untuk di konsumsi sendiri banyak juga para petani yang khusus menanam jambu madu untuk di jadikan usaha perdagangan jambu madu. Nah udah pada tahu belum kegunaan dan khasiat dari jambu madu? Pasti belum pada tahu bukan bahwa jambu madu ternyata selain enak untuk di konsumsi ternyata sangat berkhasiat bagi kesehatan manusia dan juga dapat memper cantik dan memper halus kulit wajah dan seluruh tubuh. Selama ini kita cuma tahu bahwa khasiat jambu madu, cuma hanya enak untuk di konsumsi atau di makan saja, namun selain dari rasanya yang manis dan gurih jambu madu mempunyai khasiat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, karena itu tak jarang orang yang sering mengkonsumsi jambu madu mempunyai wajah yang halus dan tubuh yang kuat.
 
Jambu madu juga tak kalah penting dan berguna dari jambu air pada umumnya, karena dua jenis jambu ini sama-sama adalah jenis jambu air, hanya saja jambu madu memiliki rasa yang unik dan banyak membuat orang ketagihan, selain itu ukuran buah nya juga lebih besar jambu madu, wajar donk kalau harganya juga berbeda. Jambu air dan jambu madu sendiri berasal dari wilayah Asia tenggara dan hanya bisa di tanam di wilayah asia saja yang kaya akan curah air hujan yang cukup banyak. Karena itu untuk merawat jambu madu sangat penting adalah untuk menyiramnya setiap hari Pagi siang dan sore dan jika sudah masuk musim penghujan biasanya jambu madu akan mulai berbuah. Kelebihan jambu madu adalah tingkat buahnya tidak tergantung dengan musim, asal selalu di rawat dan di siram air setiap hari.

Kembali ke topik utama yaitu Manfaat buah jambu madu untuk kesehatan. Jambu madu hampir sama khasiatnya dengan jambu air yaitu meiliki vitamin C, Serat, Kaya Vitamin A, Kalsium, Thiamin, Niacin, Zat besi dan kalium yang cukup banyak dan senyawa organik yang terkandung di dalamnya adalah Jambosine, asam betulinic, dan juga senyawa lakton Friedel. Nah itulah beberapa vitamin dan zat-zat yang penting dan terkandung di dalam jambu madu.
Baiklah tidak usah panjang lebar lagi mari sama-sama kita simak kegunaan dan juga Manfaat buah jambu madu untuk kesehatan tubuh manusia.


1.  Mengontrol Diabetes

Jambosine yang terkandung di dalamnya adalah jenis alkaloid yang telah terbukti menjanjikan dalam menghalangi atau mengatur konversi makanan atau pati makanan menjadi gula. Ini adalah merupakan suatu penemuan yang sangat penting bagi para penderita diabetes dan orang-orang yang berisiko terkena diabetes. Sampai saat ini penelitian lebih lanjut sedang berlangsung tentang khasiat dari jambosine ini.

2.  Menyehatkan Pencernaan

Memiliki kandungan serat yang tinggi membuat jambu madu adalah pilihan tepat untuk lebih memper mudah jalanan makanan melalui saluran pencernaan, juga dapat menghilangkan sembelit sepertihalnya manfaat jambu biji. Sehingga dapat mencegah terjadinya diare.

3. Pencegahan Kanker

Vitamin C dan Vitamin A yang terkandung di dalam jambu madu telah dikenal sebagai pengobatan dan pencegahan penyakit  kanker yang sangat efektif. Telah di lakukan penelitian awal dan juga pengobatan tradisional mengakui bahwa kanker prostat dan kanker payudara, dapat berkurang dengan sering-sering mengkonsumsi jambu madu apa lagi baik di gunakan pada  program diet sehat Anda.

4. Menyehatkan Jantung

Kombinasi antara serat dan nutrisi yang terkandung dalam jambu madu telah menunjukkan efek yang sangat signifikan dan luar biasa terhadap kadar kolesterol pada manusia. Dalam studi penelitian mengemukakan bahwa jambu madu dapat mengurangi resiko terkena penyakit serangan jantung.

5. Meningkatkan Sistem kekebalan

Yang utama adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Komponen aktif dan stabil dalam setiap jambu madu telah dikaitkan dengan adanya efek antimikroba dan anti jamur. Penelitian telah menunjukkan bahwa hal tersebut, dapat melindungi kulit dari pengembangan berbagai infeksi, yang dapat meningkatkan pertahanan kekuatan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit karena infeksi kulit pada umumnya.

Manfaat Buah Jambu Madu Untuk Kulit

Pernah kah anda mengalami kulit yang kusam, baik itu pada bagian wajah dan tubuh, tahukah Anda itu di akibatkan karena kurangnya vitamin C tan kadar air dalam tubuh Anda. Namun masalah tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti jambu air dan jambu madu. Dengan mengkonsumsi jambu madu dapat memberikan sumbangan air dan vitamin C yang cukup untuk menjaga kulit tetap sehat dan menawan. Vitamin C yang terkandung di dalamnya mengandung anti oksidan yang mampu melawan penuaan dini. Manfaat antioksidan sangat penting yaitu dapat menjaga regenerasi sel kulit dan juga meningkatkan asupan zat besi pada tubuh pengkonsumsinya. Karena itu Manfaat buah jambu madu untuk kesehatan sangat lah penting.

Jika kamu membuat rujak maka sebaiknya jangan lupa menambahkan jambu madu di dalamnya, apa lagi jambu madu yang masih fress dan segar, atau baru saja kamu petik sendiri di pohonnya. Karena jika kamu mengkonsumsi atau merujak buah jambu madu sama halnya dengan mengkonsumsi manfaat dari mangga, ketimun dan manfaat nanas yang didapatkan sekaligus di dalam buah jambu madu tersebut.

Nah itu dia Manfaat dan khasiat juga kegunaan dari jambu madu untuk kesehatan tubuh manusia. Dan semoga dengan artikel ini tentang Manfaat buah jambu madu untuk kesehatan ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda tentang khasiat-khasiat buah-buahan yang dapat di pergunakan untuk mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit yang dapat berdampak buruk bagi kita semua. 

Sumber : http://www.kucobalagi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar