Kamis, 28 Juli 2016

SEJARAH JAMBU MADU DELI HIJAU (MDH)



Jambu Madu Deli Hijau (MDH) 

 

 MDH kependekan dari Madu Deli Hijau. Ada juga yg menyebut Jambu Deli atau Jambu Madu.
Jambu ini banyak dikembangkan di Stabat Sumatera Utara. Jambu yg sangat dijaga sangat ketat oleh pengebun keturunan China ini, sampai-sampai utk masuk dan keluar kebun, karyawan yg bekerja di situ dilakukan pemeriksaan agar entres tidak keluar. Jambu MDH oleh keturunan China tsb langsung diekspor.

Sejarah dan Asal usul Jambu MDH

MDH menurut Bp. Sadikin petani Stabat dan bekerja di perkebunan keturunan China tsb sbgm diceritakan langsung kpd ana bhw MDH pertama kali masuk ke Indonesia dibawa oleh seorang perempuan tua keturunan China yg tinggal di Deli Tua. Dia membawa MDH dari Taiwan. Pengebun keturunan China mendapatkan entres dari perempuan tua tersebut. Oleh pengusaha keturunan China tsb jambu MDH dikebunkan di Stabat sejak 2006 dg dikelilingi tembok dan dijaga anjing agar tdk semua orang mudah masuk dan tidak terjadi pencurian entres. Jk dari buahnya, kita tdk bisa memperbanyak secara generatif krn jambu ini tidak ada bijinya dan perbanyakan generatif juga memberikan turunan yg belum tentu sama dg induknya. Agar entres tdk keluar, setiap dilakukan pemangkasan tajuk, sampah bekas potongan tajuk langsung dibakar di kebun tsb dan ini bisa bertahan sampai sktr 6 tahun. Menurut Bp. Sadikin krn sampah bekas potongan tajuk yg semakin lama semakin banyak mk pembakarannya ada yg kurang sempurna shg sekitar tahun 2012 an ada entres yg bisa diselamatkan oleh Bp. Sunardi yg diambil dari tempat pembuangan entres yg sdh dibakar. Oleh Bp. Sunardi entres tsb dipelihara dan diperbanyak serta didaftarkan ke dinas terkait shg mendapatkan sertifikat resmi dari pemerintah. Pensertifikatan ini menjadikan Bp. Sunardi sbg penemu Jambu MDH.

 Jambu MDH cocok utk usaha sampingan
Jambu MDH yg mempunyai sifat yg terus berbuah tanpa mengenal musim ini sangat cocok utk dikebunkan dan dibuat tabulampot utk pribadi atau utk sampingan usaha sebagai penambah pemasukkan.
Buah jambu MDH mempunyai sifat manis, renyah dan lebih tahan terhadap hama  lalat buah dibandingkan dengan jambu air yang lain. Dan jarang sekali kita jumpai ada larva di dalam buah jambu deli tersebut meskipun telah terkena serangan lalat buah
Utk bibit hasil stek dg harga 35rb bisa dijual menjadi 350rb sd 450rb pada umur 1 tahun setelah dipindah ke pot 60 dan insyaAlloh sdh berbuah pada usia tersebut.
Jk bibitnya dan perawatan bagus , jambu MDH akan berbuah saat usia 7 s.d 12 bulan sejak dipindah ke pot dari polybag. Ada keunikan dari Jambu MDH ini yaitu jk ditanam di tanah langsung pohonnya akan sangat subur perkembangannya tetapi masa vegetatifnya akan berlangsung lebih lama sehingga buahnya akan muncul lbh lama juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar