Rabu, 17 Agustus 2016

Cara Membasmi Belalang


Belalang merupakan salah satu hama pemakan daun Jambu Madu yang kadang-kadang sulit untuk di basmi/brantas klo kita tidak mengerti trik dan caranya, kenapa..? karna belalang berbeda dengan hama2 lain seperti yang kami jelaskan pada pembahasan > Hama Dan Penyakit  Pada Jambu Madu.

belalang mirip dengan lirik lagu  

" Diana Nasution" 

tentu masih ingat dong lagu yang berjudul " Benci Tapi Rindu"  pada Reff Lagu tersebut bunyinya seperti ini :
  
Kau Datang Dan pergi 
Sesuka Hatimu 
Oh......kejamnya Dikau 
Teganya Dikau, Padaku..! (Daun Jambu Madu Red.)

Artinya Belalang datang tanpa di undang memakan dengan lahap daun Jambu Madu kesanyangan kita setelah kenyang pergi begitu saja sesuka hatinya, kejam dan tega meninggalkan daun yang sudah habis tinggal tulang.! ini klo kita biarkan akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup tanaman Jambu Madu.

Belalang Dewasa klo kita semprot dengan pestisida dia akan terbang dan selamat, setelah kadar dan aroma pestisida memudar dia akan datang lagi. jadi penyemprotan hanya bisa mematikan anak belalang yang kecil yang belum bisa terbang, untuk belalang dewasa hanya bisa mencegah untuk beberapa hari klo untuk membrantas belalang dewasa tentu ini belum maxsimal.


Ada beberapa saran dan trik dari Marihat Jambu Madu (MJM) untuk memberantas hama yang satu ini :  

  1. Ayam yang kadang kala sangat kita benci karna suka reseh/sembarangan terhadap tanaman kita ternyata dapat membantu memberantas belalang karna merupakan makanan favoritnya. cuma kelemahannya klo posisi belalang tinggi si ayam tidak dapat manjangkaunya.  
  2. Membasmi belalang dengan cara menangkap lalu di berikan kepada burung ataupun ayam dengan tujuan dapat mengurangi populasi belalang, memang menangkapnya agak sulit klo dengan tangan kosong, untuk itu ada alat bantu tradisional yang sering kami pergunakan, bisa anda buat sendiri seperti pada gambar ini.
Membuatnya sgt gampang hanya modal plastik, tali/karet dan kayu. nampaknya sepele tp ini sgt membantu kita utk menangkap belalang dgn mudah dan dijamin ranting ataupun daun jambu madu tdk akan rusak bila kita menangkap belalang yg hinggap pada posisi tersebut. Belalang tdk dpt melihat plastik tersebut karna mungkin warnanya yang transfaran sehingga dia akan diam dan gampang untuk ditangkap.



3. Dengan Cara Alami, membuat ramuan pengganti pestisida sendiri dengan  cara :

Alat dan Bahan

1. Daun sirsak 50 lembar
2. Daun tembakau 1 genggam
3. Deterjen 20 gr
4. Air 20 liter
5. Saringan
6. Semprotan



Cara Pembuatan

Pertama-tama tumbuk halus campuran daun sirsak dan daun tembakau. Masukkan hasil tumbukan tersebut ke dalam air yang sudah ditempatkan dalam sebuah wadah berpenutup. Aduk sampai tercampur sempurna sambil ditambahkan deterjen secara perlahan-lahan. Endapkan dan diamkan campuran selama semalam sambil ditutup. Saring larutan tersebut dengan saringan untuk memisahkan ampas dengan larutan. Encerkan larutan tadi dengan 40 liter air, kemudian semprotkan pada tanaman yang diserang hama belalang. Sebaiknya larutan disemprotkan secara merata dan akan lebih baik jika penyemprotan dilakukan saat belalang masih kecil sehingga belalang belum bisa terbang menghindari semprotan.

Cara ini sdh pernah kami coba dan hasilnya alhamdulillah lumayan bagus, cuma seiring berjalan waktu belalang kembali lagi.! karna menurut pengamatan kami ini hanya untuk mencegah bukan membasmi.


Kesimpulan :

Belalang merupakan serangga pemakan daun pada tanaman Jambu Madu yang sulit di berantas dengan Pestisida kimia ataupun alami, cara mengatasi yang paling ampuh selain kita bisa menggunakan musuh belalang itu sendiri seperti ayam, burung dll, kita harus rajin dan sabar perpatroli untuk menangkap sendiri belalang tersebut, bisa menggunakan tangan kosong dan apabila kesulitan kami referensikan untuk menggunakan alat bantu seperti yang kami bahas di atas.

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di Blog kecil MJM.

Back > Panduan Jambu Madu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar