Rabu, 09 Desember 2015

JENIS DAN KEGUNAAN PUPUK KIMIA


1. NITROGEN ( N )
MANFAAT :
Memacu pertumbuhan tanaman secara umum, terutama pada fase vegetatif, berperan dalam pembentuk- an klorofil, asam amino, lemak,enzim, dan persenyawaan lain.
GEJALA TUMBUHAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI:
Pertumbuhan tanaman lambat. Mula-mula daun menguning dan mengering lalu rontok. Daun yg menguning di-awali dari daun bagian bawah, lalu disusul daun bagian atas.
2. FOSFOR ( P )
MANFAAT :
Membentu pertumbuhan protein dan miniral yg sangat tinggi bagi tanam-an. Bertugas mengedar- kan energi keseluruh bagiantanaman. Merang- sang pertumbuhan dan perkembang-an akar. Mempercepat pembungaan dan pembuahan tanaman. Serta mempercepat pemasakan biji dan buah.
GEJALA TUMBUHAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI:
Daun bawah berubah warna menjadi tua atau tampak mengkilap merah keunguan. Kemudian menjadi kuning keabuan dan rontok. Tepi daun, ca-bang, dan batang berwarna merah keunguan. Batang kerdil dan tidak menghasilkan bunga dan buah. Jika sudah terlanjur berbuah ukurannya kecil, jelek, dan lekas matang.
3. POTASIUM ( K )
MANFAAT :
Membantu pembentukan protein, kar-bohidrat dan gula. Membantu pengan-kutan gula dari daun ke buah. Mem-perkuat jaringan tanaman, serta me-ningkatkan daya tahan terhadap pe-nyakit.
GEJALA TANAMAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI :
Daun mengkerut atau keriting, timbul bercak -bercak merah kecoklatan lalu kering dan mati. Perkembangan kar lambat. Buah tumbuh tidak sempurna, kecil, jelek, dan tidak tahan lama.
4. KALSIUM ( Ca )
MANFAAT : Mengaktifkan pembentukan bulu- bulu akar dan biji serta menguatkan batang. Membantu keberhasilan penyerbukan.Membantu pemecahan sel. membanti aktivitas beberapa enzim pertumbuhan. Serta menetralisir senyawa dan kondisi ta-nah yang merugikan.
GEJALA TANAMAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI :
Tepi daun muda mengalami krorosil, lalu menja- lar ke tulang daun. Kuncup tanaman muda tidak berkembang dan mati. Terdapat bintik hitam pa- da serat daun. Akar pendek. Buah pecah dan bermutu rendah.
5. MAGNESIUM ( Mg )
MANFAAT : Membantu pembentukan klorofil, asama amino, vitamin, lemak dan gula. Berperan dalam transportsi fosfat dalam tanaman.
GEJALA TANAMAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI :
Daun tua mengalami krorosis, menguning dan bercak kecoklatan, hingga akhirnya rontok. Pada tanaman yg menghasilkan biji akan menghasil- kan biji yg lemah.
6. BELERANG ( S )
MANFAAT : Membantu pembentukan asam ami- no, protein dan vitamin. Membantu pembentukan bintil akar dan pertumbuhan tunas baru.
GEJALA TANAMAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI :
Daun muda berwarna hijau muda, mengilap, ta- pi agak pucat keputihan, lalu berubah jadi kuning dan hijau. Tanaman tumbuh terlambat, kerdil, berbatang pendek dan kurus.
.
7. BORON ( Bo )
MANFAAT : Membawa kabohidrat keseluruh jaringan tanaman. Mempercepat penyerapan unsur kalium. Merangsang tanaman berbunga dan membantu proses penyerbukan. Meningkat- kan kualitas produksi sayuran dan buah-buahan.
GEJALA TANAMAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI :
Tunas pucuk mati dan berwarna hitam, lalumun- cul tunas amping tapi tidak lama kemudian akan mati. Daun mengalami klorosis dimulai dari bagi- an bawah daun lalu mengering. Daun yg baru muncul kerdil dan akhirnya mati. Daun tuanya berbentuk kecil, tebal dan rapuh. Pertumbuhan batang lambat dengan ruas-ruas cabang yg pendek.
8. TEMBAGA ( Cu )
MANFAAT : Membantu pembentukan klorofil dan sebagai komponen dalam pembentukan enzim tanaman.
GEJALA TANAMAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI :
Daun muda berwarna kuning layu dan tidak berkembang. pertumbuhan dan kesuburan tanaman terhambat secara keseluruhan.
9. KLOR ( CI )
MANFAAT : Berperan dalam pemben-tukan hormon tanaman. Meningkat-kan atau memperbaiki kualitas dan kuantitas produksi tanaman.
GEJALA TANAMAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI :
Tanaman gampang layu, daun pu-cat ,keriput,dan sebagian mengering. Produktivitas tanaman rendah dan pemasakan buah lambat.
10. BESI ( Fe )
MANFAAT : Berperan pada proses-proses fisiologis tanaman, seperti pro-ses pernapasan, pembentukan klorofil dan fotosintesis.
GEJALA TANAMAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI :
Daun muda berawrna putih pucat lalu keku ning- an, dan akhirnyarontok. Tanaman perlahan-lahan mati dimu-lai dari puncak.
11. MANGAN ( Mn )
MANFAAT : Membantu proses fotosin-tesis, dan berperan dalam pembentuk-an enzim-enzim tanaman.
GEJALA TANAMAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI :
Pertumbuhan tanaman kerdil, daun berwarna kekuningan atau merah dan sering rontok. Pembentukan biji tidak sempurna.
12. MOLIBDENUM ( Mo )
MANFAAT : Fungsi sama seperti Cu, berperan sebagai pengikat nitrogen bebas udara untuk pembentukan pro-tein, dan menjadi komponen pemben-tuk enzim pada bakteri bintil akar ta-naman leguminose.
GEJALA TANAMAN YG MEMBUTUH-KAN PUPUK INI :
Daun berubah warna, keriput dan me-lengkung seperti mangkuk. Muncul bintik-bintik kuning disetiap lembaran daun, dan akhirnya mati. Pertumbuh-an tanaman terhenti.
13. SENG ( Zn )
MANFAAT : Mmebantu pembentukan auksin, klorofil, dan karbohidrat.
GEJALA TANAMAN YG MEMBUTUHKAN
PUPUK INI :
Daun berwarna kuning pucat atau ke-merahan, muncul bercak-bercak putih dipermukaan daun hingga akhirnya mengering, berlubang dan mati. Per-kembangan akar tidak sempurna, se-hingga berumur pendek dan tidak su-bur.
***( DIOLAH DARI BERBAGAI SUMBER )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar